Salam blogger semuanya :), Alhamdulillah bisa posting lagi, dan mungkin lama juga gak nulis di blog ini karena kesibukan aktifitas di dalam dan diluar kampus 🙂 serta ada aja yang dikerjakan selama vakum menulis di blog.  Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman hidup dan keluarga baru ketika saya melaksanakan salah satu Mata Kuliah yang Wajib di ambil oleh seluruh Mahasiswa di Kampus tempat saya menimba ilmu yaitu Universitas Trunojoyo Madura.

Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu mata kuliah yang wajib di ambil oleh seluruh mahasiswa di Universitas Trunojoyo Madura maupun Universitas yang berada di seluruh Indonesia.

Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk  pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa secara langsung terjun ke lapangan. Kami semua mengikuti KKN dengan program mandiri yang membebaskan kami untuk memilih lokasi KKN dan mengatur seluruh urusan yang terkait dengan kegiatan ini.

Kelompok 11 terdiri dari 15 mahasiswa dan mahasiswi yang berbeda latar belakang dan jurusan. Kami semua tidak mengenal satu sama lain dan belum mengerti lokasi KKN, hanya beberapa teman saja yang sudah melakukan survei ke tempat lokasi akan tetapi tidak mengerti jauh tentang kehidupan masyarakat, budaya, dan adat istiadat di lokasi tempat KKN yaitu di Desa Sogian, Kecamatan Omben – Kabupaten Sampang.

Desa Sogian Sendiri merupakan salah satu desa yang terletak di salah satu Kabupaten di Pulau Madura yaitu Kabupaten Sampang. Desa yang hampir mayoritas masyarakatnya memiliki mata pencaharian sebagai petani merupakan desa yang memiliki potensi yang dapat mengembangkan hasil pertaniannya dengan didukung dengan keadaan tanah yang subur di desa Sogian. Sektor pendidikan masyarakat desa Sogian merupakan sektor yang sangat perlu untuk diperhatikan ini dikarenakan kurang sadar akan pentingnya pendidikan bagi masa depan mereka.

Puji syukur berkat rahmat ALLAH dan dukungan teman-teman KKN Kelompok 11, saya dan teman-teman meluncurkan sebuah buku yang berjudul “Desaku Bernama Sogian”. Didalam buku ini akan dibahas mengenai Sosial Ekonomi, Sosial Politik, Infrastruktur, Kesehatan, Media serta Profil diri anggota kelompok dan Cerita pengalaman hidup kami selama 27 hari melakukan KKN yang ada di desa Sogian.

Advertisements